Mengapa Kita Perlu Membuat Resensi Buku

1 Feb 2009

Banyak diantara dari kita semua sehabis membaca sebuah buku lalu hilang begitu saja tanpa bekas apa yang terdapat dalam buku tersebut. Nah, solusi supaya kita dapat mengingat-ingat kembali buku apa saja yang telah kita baca maka diperlukan sebuah resensi buku. Mengapa harus membuat resensi buku ????

Pertama, dengan meresensi sebuah buku, kita akan teringat kembali dengan buku apa saja yang telah kita baca karena tercatat dalam agenda resensi.

Kedua, dengan merensi sebuah buku, berarti kita mengikatkan sebuah makna buku (seperti Mas Hernowo bilang dalam bukunya “mengikat makna“). Dengan mengikat sebuah makna buku, kita dapat mengetahui point-point penting dalam sebuah buku

Ketiga, Meresensi sebuah buku tidak hanya sekedar merangkum sebuah buku, tetapi lebih dari sekedar itu, kita dapat memberikan kritikan sebuah buku selain sanjungan terhadap buku tersebut sehingga kita dapat mengetahui suatu kualitas buku tersebut.

Keempat, Dengan membuat resensi buku berarti secara tidak langsung kita juga belajar menulis buku. Dengan begitu kita dapat mengembangkan ide-ide dari buku tersebut.

Kelima, Dengan membuat resensi buku kita bisa mendapatkan penghasilan dengan cara mengirimkan ke penerbit-penerbit buku dan itu adalah salah satu pemasukan keuangan.

Mungkin itulah alasanku mengapa kita perlu membuat sebuah resensi buku. Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Asma Nadia. Semoga dengan uraian yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi kita semua. amien…..


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post